08 Desember 2009

PT KA LUNCURKAN KA BARANG OVER NIGHT SERVICE (ONS)


PT KA LUNCURKAN KA BARANG OVER NIGHT SERVICE (ONS)

PT. Kereta Api (Persero) mulai 1 Desember 2009 mengoperasikan KA barang eksekutif baru tujuan Jakarta-Surabaya pp. KA ini menggunakan konsep pelayanan Over Night Service atau disebut ONS Cargo. Bila dibandingkan dengan KA barang lama, ONS Cargo lebih cepat sembilan jam karena jarak 736 km bisa ditempuh dengan waktu perjalanan 11 jam.

Setiap harinya, KA ONS berangkat pukul 21.30 WIB dari Stasiun Jakarta Gudang, Kampung Bandan dan tiba di Stasiun Pasar Turi, Surabaya pukul 08.30 WIB. Kereta dengan kapasitas angkut 20 ton per gerbong itu menerapkan tarif pada tahap awal sebesar Rp 500/kg atau Rp 10 juta per gerbong. KA ONS sendiri menggunakan lok cc 203 dan membawa 10 gerbong kereta barang.
Pada saat peluncuran KA ONS di Jakarta Gudang, Selasa (1/12) lalu, Direktur Komersial PT. KA Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan bahwa kereta ini diciptakan untuk memenuhi permintaan konsumen, terutama kalangan pengusaha terhadap angkutan barang berkecepatan tinggi. "PT.KA memberikan kesempatan kepada perusahaan angkutan barang untuk bekerja sama sebagai mitra kerja pemasar angkutan guna memudahkan urusan bisnis,” tandasnya.

Sedangkan Kepala DAOP 1 PT. KA Mulyanta Sinulingga yang pada saat itu hadir berjanji bahwa KA ONS tidak akan kalah prioritas dengan KA penumpang terutama dari segi kecepatan. ”Untuk kereta barang, janji itu adalah harga. Kalau kami sudah berjanji mengantar selama 12 jam, maka harus dipertahan 12 jam, ketepatan waktu itu harus dijaga dan tidak boleh terlambat,” ujarnya.

Selain meluncurkan KA Barang ONS, PT KA juga mulai mengoperasikan KA peti kemas tujuan Kalimas-Pasoso (PP), yakni KA Jatim Petroleuim Transport (JPT) II. Menurut Mulyanta, potensi pengangkutan peti kemas dengan rute Jakarta-Surabaya sangat besar, yakni mencapai 10.000 peti kemas per hari. Namun, realisasi saat ini baru sebanyak 6.000 peti kemas per hari, baik dengan menggunakan kapal laut, truk, maupun kereta api. ####
Written by humaska

Tidak ada komentar:

Posting Komentar