09 Desember 2009

Dephub: "E-Ticketing"

Dephub: "E-Ticketing" Kereta Api Terwujud Sebelum 100 Hari


JAKARTA, KOMPAS.com — Tiket elektronik (e-ticketing) kereta api (KA) dan busway termasuk salah satu program yang akan diwujudkan dalam 100 hari ke depan di sektor perhubungan darat.

"Sebelum 31 Januari 2009, kita harapkan program itu terwujud tidak sampai 100 hari ke depan," kata Dirjen Perhubungan Darat, Dephub, Suroyo Alimoeso menjawab pers di Jakarta, Jumat (6/11).

Suroyo mengakui bahwa program tersebut merupakan tindak lanjut dari National Summit dan ternyata masuk dalam program 100 hari sektor Perhubungan Darat, Dephub. "Pembahasan e-ticketing KA Jabotabek dan busway sedang dikaji dengan Ditjen Perkeretaapian dan Pemda DKI," katanya.

Gambaran realisasinya, kata Suroyo, nantinya penumpang KA Jabotabek cukup membayar satu tiket elektronik dan ketika sampai pada stasiun tertentu langsung bisa meneruskan dengan busway. "Sejumlah titik yang dikaji antara lain, Stasiun Juanda," katanya.

Jika program ini terealisasi, kata Suroyo, diharapkan perilaku masyarakat agar mencintai angkutan umum karena lebih efisien ketimbang membawa mobil pribadi. "Jadi, nanti penumpang KA Jabotabek dan busway cukup dengan satu tiket. Cuma berapa harga tiketnya, masih harus dikaji lagi," katanya.

Suroyo menyatakan, program ini juga harus dikoordinasikan dengan perbankan nasional karena potensi penumpang KA Jabotabek 400-500.000 per hari. "Apalagi, pada awal peluncuran PT KAI Commuter Jabotabek, mereka (perbankan) sudah teken MoU dengan PT KAI Commuter Jabotabek," katanya.

Berita: Jumat, 6 November 2009 | 15:54 WIB


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar