03 Agustus 2009

Pasar gaplok


SERIKAT PEKERJA KERETA API TERTIBKAN PASAR GAPLOK

Jakarta (05 Mei 2009)

Dalam rangka memperingati hari buruh (May Day) tanggal 1 Mei, Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA) Daop 1 mengadakan aksi membersihkan lingkungan rel kereta api. Lingkungan yang ditertibkan adalah pasar Gaplok yang terletak di pinggir rel antara stasiun Pasarsenen – Sentiong, Selasa (5/5).

Hal yang melatarbelakangi penertiban adalah terancamnya infrastruktur KA dijalur lingkar Jakarta, semakin tingginya tingkat kerusakan rel akibat limbah/sampah pasar sehingga rel mudah patah, serta gangguan operasi pada kereta api yang dikarenakan banyaknya bangunan liar yang menghalangi jarak pandang petugas/masinis.

Kegiatan yang diberi nama “Bedah Lintas May Day” ini, diikuti oleh 500 personil terdiri dari pegawai kereta api, petugas keamanan dan Polri. Dengan sasaran menertibkan bangunan liar dan pasar tidak resmi di sekitar jalur rel KA antara stasiun Pasarsenen hingga Sentiong.
“Dalam memperingati hari buruh, Serikat Pekerja Kereta Api tidak melakukan aksi turun ke jalan dengan demo tetapi lebih pada kegiatan sosial yang lebih bermanfaat khususnya bagi perjalanan kereta api” jelas Dirut PT KA, Ignasius Jonan

Menurut Ketua DPD SPKA 1 Jakarta, Suhadi, untuk melakukan penertiban PT Kereta Api telah memberikan surat peringatan pembongkaran kepada warga serta melakukan pendekatan langsung dan berdialog dengan warga.
“Kita langsung turun lokasi memberitahukan warga agar membongkar sendiri bangunannya dan bersama-sama menata lingkungan sepanjang jalur rel kereta api. Dan diharapkan mereka tidak kembali lagi ke pinggir rel KA. Karena selain berbahaya bagi diri mereka sendiri juga sangat berpotensi terjadi kecelakaan kereta api.” ujar Suhadi

Selain menertibkan bangunan liar, kegiatan juga isi dengan penanaman pohon pada lahan yang telah dibersihkan. Hal ini dimaksudkan untuk membantu menghijaukan Jakarta yang memiliki jumlah pohon terbatas sehingga PT Kereta Api (Persero) memiliki kepedulian untuk memperbaiki lingkungan agar menjadi hijau. Kegiatan penanaman pohon merupakan kelanjutan program sejuta pohon yang dilakukan PT KA, kegiatan tersebut diawali pada tanggal 1 Mei 2008 ( May Day).

Program lainnya, PT KA melakukan program pulang mudik gratis dengan kereta api. Masyarakat yang bangunannya dibongkar dan ingin pulang kampung dapat mendaftar ke stasiun setempat dengan mengisi formulir yang disediakan. Selanjutnya akan dipulangkan bersama-sama menggunakan kereta api . ###

1 komentar:

  1. Saya sangat sedih, kok kegiatan SPKA di May Day malah kerja bakti, padahal perjuangan utk pekerja perkereta apian dalam Statemen 5 Agustus 2005 belum selesai, apalagi sekarang berkembang peng-outsourching-an pekerjaan KA yang bertentangan dengan undang2 sehingga mengakibatkan banyak tenaga kerja perkereta apian termarginalkan menjadi pegawai kontrak di perusahaan2 lain dg gaji UMR tanpa masa depan, coba sering2 kunjungi webnya ITF, baca perjuangan Railways Worker Unions dinegeri lain.

    BalasHapus